Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SNBP dan SNBT Lebih Baik Mana? Simak Penjelasan Berikut!

snbp atau snbt?


Berbicara mengenai jalur masuk PTN, SNBP dan SNBT adalah 2 jalur yang paling populer.

Akan tetapi banyak dari siswa kelas 3 yang bingung ingin mengikuti jalur yang mana.

Untuk menjawab kebingungan tersebut, simak baik-baik penjelasan berikut mengenai SNBP dan SNBT.


Jalur SNBP Atau Jalur Prestasi

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur yang biasa di ikuti oleh siswa yang berprestasi agar bisa masuk ke PTN impian mereka.

Jalur ini memerlukan rekap raport, prestasi akademik maupun non akademik sebagai syarat memasuki PTN tujuan.

Setelah itu tim reviewer akan mereview data yang diberikan, apakah sesuai dengan kriteria calon mahasiswa pada PTN tersebut atau tidak. Jika sesuai maka akan langsung lolos PTN tujuan tanpa mengikuti tes tulis.

Jika kamu ingin mengikuti jalur ini, sebaiknya persiapkan diri dari kelas 1, pasalnya data raport yang diberikan adalah data raport dari semester 1-5.

Jadi agak kurang cocok bagi teman-teman siswa yang udah kelas 3 dan sebelumnya tidak mempersiapkan SNBP untuk mengambil jalur ini.


Jalur SNBT/Jalur Tes Tulis

Biasanya sebagian dari peserta jalur SNBP yang tidak lolos juga akan mengikuti jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Test Merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang mengharuskan siswa mengerjakan atau menyelesaikan serangkaian tes tulis.

Materi yang akan di ujikan pada jalur ini ada 7 komponen yaitu 4 dari tes potensi skolastik (penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, pengetahuan kuantitatif) dan tes literasi yang terdiri dari literasi bahasa Indonesia, literasi dalam bahasa Inggris, dan penalaran matematika.

Jalur ini cocok untuk siapapun baik itu peserta SNBP yang tidak lolos, ataupun yang sama sekali tidak mengikuti jalur prestasi.

Sebagai peserta di jalur ini, kita wajib mempersiapkan sedari dini, mungkin di awal kelas 3 juga sudah bisa mepersiapkan SNBT.

Untuk persiapan yang matang kita juga perlu buku snbt 2024 sebagai bahan referensi dan sumber belajar yang mumpuni.


Kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah jalur SNBP bisa di ikuti oleh siswa yang berprestasi dan perlu perjuangan dari kelas 1, akan tetapi jalur SNBT bisa di ikuti oleh siapa saja dan cenderung singkat waktu persiapannya.

Jadi kamu ikut jalur yang mana?

Baca Juga jadwal snbt 2024

MAGERWEB
MAGERWEB MAGERWEB-Blog yang berisi tips dan info menarik seputar teknologi,terus ikuti updater artikel tiap minggunya.Semoga bermanfaat untuk kalian

Posting Komentar untuk "SNBP dan SNBT Lebih Baik Mana? Simak Penjelasan Berikut!"