Pengertian E-Commerce atau Electronic Commerce
Pada saat Internet mulai
diperkenalkan kepada masyarakat,perubahan besar di era komunikasi mulai
terjadi.Jika dahulu,untuk menjangkau seseorang di tempat yang jauh tidaklah
mudah karena memerlukan biaya yang cukup besar dan waktu yang relatif lama,maka
dengan adanya fasilitas Internet,menjangkau seseorang di tempat yang jauh
menjadi sangat mudah.Dengan demikian,dunia terasa semakin kecil dan sebgai dampaknya,terjadi penghematan yang luar biasa dari segi waktu dan biaya.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang e-commerce kita
harus tau apa itu internet terlebih dahulu.Langsung saja simak pengertian
internet dibawah ini.
Pengertian Internet
Menurut
Mc Leod dan Schell (2004:122),Internet memiliki arti sebagai berikut :
“Internet is just the collection of
networks that can be joined together”
Dengan
kata lain,Internet adalah sebuah jejaring yang terdiri atas
koneksi antarjaringan komputer yang lebih kecil dan tersebar di seluruh dunia.
Setelah
kita tau apa itu Internet secara singkat mari kita bahas apa itu e-commerce atau yang sering disebut pasar digital.
Pengertian E-Commerce
Seperti yang dikemukakan oleh Mc Leod dan Schell
(2004:49-50),secara umum E-Commerce atau Electronic Commerce biasa diartikan
sebagai transaksi yang melibatkan beberapa penjual dan pembeli dimana para
penjual dan pembelinya saling terhubung melalui internet.Namun seiring dengan
luasnya cakupan definisi yang ada,definisi dari E-Commerce seringkali dibedakan
dari definisi E-Business.Pendapat umum mengatakan bahwa hanya
transaksi-transaksi yang dapat melampaui batasan-batasan sebuah perusahaan saja
yang dapat dikatagerikan sebagai E-Commerce,sedangkan transaksi-transaksi yang
masih berada dalam batasan-batasan perusahaan dikategorikan sebagai E-Business.
Karakteristik
E-Commerce
Adapun
karakteristik E-Commerce yang sifatnya khusus dan berbeda dengan karakteristik
transaksi pada umumnya adalah sebagai berikut:
·
Transaksi tanpa batas
·
Transaksi anonim
·
Produk digital dan Non digital
·
Produk barang tidak berwujud
Jika dahulu letak geografis
menjadi kendala dan hanya perusahaan perusahaan dengan modal besar yang dapat
menjangkau pasar di luar negeri,maka dengan adanya E-Commerce,transaksi tanpa
bataspun dapat dinikmati pengusaha kecil menengah dengan cara memasarkan
produknya di sebuah situs web yang dapat diakses selama 24 jam.
Posting Komentar untuk "Pengertian E-Commerce atau Electronic Commerce"