Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian E-Commerce atau Electronic Commerce


Pengertian E-Commerce atau Electronic Commerce

Pada saat Internet mulai diperkenalkan kepada masyarakat,perubahan besar di era komunikasi mulai terjadi.Jika dahulu,untuk menjangkau seseorang di tempat yang jauh tidaklah mudah karena memerlukan biaya yang cukup besar dan waktu yang relatif lama,maka dengan adanya fasilitas Internet,menjangkau seseorang di tempat yang jauh menjadi sangat mudah.Dengan demikian,dunia terasa semakin kecil dan sebgai dampaknya,terjadi penghematan yang luar biasa dari segi waktu dan biaya.
        Sebelum kita membahas lebih jauh tentang e-commerce kita harus tau apa itu internet terlebih dahulu.Langsung saja simak pengertian internet dibawah ini.



Pengertian Internet

                Menurut Mc Leod dan Schell (2004:122),Internet memiliki arti sebagai berikut :
Internet is just the collection of networks that can be joined together”

                Dengan kata lain,Internet  adalah sebuah jejaring yang terdiri atas koneksi antarjaringan komputer yang lebih kecil dan tersebar di seluruh dunia.
                Setelah kita tau apa itu Internet secara singkat mari kita bahas apa  itu e-commerce atau yang sering disebut pasar digital.

Pengertian E-Commerce

                Seperti  yang dikemukakan oleh Mc Leod dan Schell (2004:49-50),secara umum E-Commerce atau Electronic Commerce biasa diartikan sebagai transaksi yang melibatkan beberapa penjual dan pembeli dimana para penjual dan pembelinya saling terhubung melalui internet.Namun seiring dengan luasnya cakupan definisi yang ada,definisi dari E-Commerce seringkali dibedakan dari definisi E-Business.Pendapat umum mengatakan bahwa hanya transaksi-transaksi yang dapat melampaui batasan-batasan sebuah perusahaan saja yang dapat dikatagerikan sebagai E-Commerce,sedangkan transaksi-transaksi yang masih berada dalam batasan-batasan perusahaan dikategorikan sebagai E-Business.

Karakteristik E-Commerce

                Adapun karakteristik E-Commerce yang sifatnya khusus dan berbeda dengan karakteristik transaksi pada umumnya adalah sebagai berikut:
·         Transaksi tanpa batas
·         Transaksi anonim
·         Produk digital dan Non digital
·         Produk barang tidak berwujud

    Jika dahulu letak geografis menjadi kendala dan hanya perusahaan perusahaan dengan modal besar yang dapat menjangkau pasar di luar negeri,maka dengan adanya E-Commerce,transaksi tanpa bataspun dapat dinikmati pengusaha kecil menengah dengan cara memasarkan produknya di sebuah situs web yang dapat diakses selama 24 jam.

      

MAGERWEB
MAGERWEB MAGERWEB-Blog yang berisi tips dan info menarik seputar teknologi,terus ikuti updater artikel tiap minggunya.Semoga bermanfaat untuk kalian

Posting Komentar untuk "Pengertian E-Commerce atau Electronic Commerce"