Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Social Media Monitoring dan Fungsinya



Pengertian social media monitoring - Sebagai brand atau perusahaan, tentu kita perlu memahami tren pembicaraan yang terjadi di media sosial.

Mengetahui trend atau topik yang banyak dibicarakan akan memberikan keuntungan bagi perusahaan untuk lebih terhubung dengan para target market atau audiensenya.  Karena konten yang disajikan bukanlah sekedar konten pamer dan lain sebagainya, tapi memang relevan dan lebih jauh lagi, berpotensi menarik audiens untuk mau melakukan feedback yang diharapkan seperti membeli atau merekomendasikan produk yang Kita jual.

Baca Juga : Facebook Targeting List Terbaru

Lalu bagaimana cara mengetauhi trend topik tersebut? untuk mengetahui atau mendapatkan data-data tersebut bisa dilakukan dengan cara social media monitoring. 

Singkatnya social media monitoring adalah aktifitas monitor kegiatan yang ada disocial media sesuai dengan target kata kunci yang telah ditentukan.


Pengertian Social Media Monitoring

Social media monitoring adalah sebuah usaha yang dilakukan perusahaan atau brand untuk mendapatkan data atau informasi yang mereka butuhkan dengan cara memonitor kegiatan di social media. 

Proses monitoring sebenarnya tidak hanya di social media saja, ada juga yang melakukan media monitoring pada media cetak, televisi dan lain sebagainya. 

Cakupan media monitoring ini disesuaikan dengan target perusahan atau brand melakukan media monitoring.


Manfaat Social Media Monitoring


1. Analisa Brand

Sebuah perusahaan atau brand yang melakukan digital marketing pastinya memerlukan analisa yang lebih jauh seberapa evektifias pemasaran digital mereka, apakah sudah mampu meningkatkan citra atau penjualan brand tersebut atau belum.

Agar mendapatkan analisa tersebut melakukan social media monitoring adalah hal yang harus dilakukan oleh perusahaan atau brand.


2. Analisa Kompetitor

Manfaat lain dari aktifitas social media monitoring adalah Kita dapat mendapatkan data pesaing perusahaan atau brand, sehingga bisa mendapatkan data yang akan digunakan untuk evaluasi dan bisa bersaing dengan tepat.


3. Customer Insight

Social media monitoring juga memungkinkan perusahaan atau brand mengetahui apa yang di inginkan oleh target market, dengan social media monitoring perusahan atau brand bisa mengambil tindakan mengenai brandnya berdasarkan data customer insight yang didapatkan.


4. Menentukan Target Market Potensial

Menggunakan teknik social media monitoring juga bisa mendapatkan data target market yang potensial, data tersebut bisa digunakan untuk menentukan facebook ads targeting list atau kampanye iklan lainnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Google Bisnis


Strategi Social Media Monitoring


Brand Sentimen

Brand sentimen yaitu melakukan analisa adalah dengan memberikan report secara komprehensif mengenai gambaran suatu produk atau figur di mata audience atatu konsumen, di mana gambaran tersebut bisa menjadi positif atau negatif. Jangkauan untuk analisa brand sentiment mencakup Social Media yang dikelola oleh merek dan media internet lainnya akan termonitor baik dengan Social Media Monitoring.

Competitor Analys

Dengan adanya social media monitoring Kita mampu untuk menganalisa kompetitor atau pesaing yang bergerak di bidang yang sama dengan yang kita lakukan. Hal yang bisa kita lihat dari competitor analysis adalah mulai dari melihat persepsi konsumen mengenai produk pesaing, bintang iklan, hingga melihat event-event offline dan iklan televisi.

Customer Insight dan Respons

Customer Insight dan respons penting bagi Kita pelaku bisnis agar tahu apa yang dipikirkan oleh audience mengenai produk yang Kita jual. Melakukan social media monitoring mampu untuk memahami konsumen terhadap produk kita. Seperti melihat apakah mereka suka atau tidak suka dengan produk yang dipasarkan.

Share of Voice and Buzz Social Media

Share Of Voice Dan Buzz Social – Karena jumlah pengguna sangat banyak, social media monitoring mampu untuk melihat seberapa besar merek atau produk kita diperbincangkan. Dalam hal ini, share of voice sangat penting bagi kepentingan industri, tokoh politik, artis dan tokoh masyarakat.

MAGERWEB
MAGERWEB MAGERWEB-Blog yang berisi tips dan info menarik seputar teknologi,terus ikuti updater artikel tiap minggunya.Semoga bermanfaat untuk kalian

Posting Komentar untuk "Pengertian Social Media Monitoring dan Fungsinya"